Semakin Terlibat dan Melibatkan Umat

Memasuki tahun 2023, maka segenap Dewan Pastoral Paroki Kristus Raja Ungaran menyusun laporan tahun 2022 beserta program pelayanan tahun 2023. Sebagai bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan program di tahun lalu, serta menyepakati program pelayanan tahun ini, diadakakan rapat pleno pada Minggu, 15 Januari 2023 di Rumah Retret Suteran Abdi Kristus – Gedanganak. Rapat Pleno ini diikuti oleh Pengurus Harian Dewan Pastoral Paroki; Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan; Pengurus Kapel; Tim Pelayanan dari berbagai Bidang, yaitu Liturgi, Pewartaan, Pelayanan Kemasyarakatan, Paguyuban, Rumah Tangga, dan Litbang; Organisasi Kemasyarakatan seperti Pemuda Katolik, WKRI; Kepala Sekolah; dan Tokoh Umat dengan jumlah peserta 113 orang.

Kegiatan dimulai dengan doa pembuka dan senam ringan untuk membangkitkan semangat pagi hari. Dalam pengantar pembuka, Romo Marcellinus Tanto, Pr. menyampaikan fokus pastoral tahun 2023. “Masa pandemi telah usai, mari bangkit dan bergerak memulihkan sendi kehidupan baik dalam iman, ekonomi, maupun psikologi”, ujar Romo Tanto. Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pergantian pengurus gereja untuk masa bakti pelayanan 2024-2026, memberi perhatian nyata pada bidang pendidikan sesuai Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang VIII, mempertimbangkan adanya resesi global di dunia, serta mempersiapkan jelang tahun pemilu 2024. Romo mengajak agar umat Kristus Raja Ungaran berjalan bersama, menyapa, dan berbenah diri pada tahun ini. Seusai pengantar, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan laporan monitoring dan evaluasi (monev) serta program pelayanan tahun 2023 oleh seluruh bidang, sekretaris, bendahara, dan pengurus kapel. 

Setelah seluruh peserta mendengarkan serta mengkritisi seluruh program pelayanan, berkas program pelayanan tahun 2023 disahkan dan ditandatangani oleh Romo Paroki – Romo Marcellinus Tanto, Pr., Sekretaris II DPPH – Pak Yfr. Wahyu Krismawan Yudianto, dan Koordinator Wilayah – Pak MA. Joko Marwanto. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan kebijakan-kebijakan baru di gereja Kristus Raja Ungaran oleh Romo Marcellinus Tanto, Pr., sebagai modal kinerja seluruh umat dalam melaksanakan program pelayanan tahun 2023 serta kepanitiaan. Romo menghimbau agar semakin banyak melibatkan orang baru dalam karya pelayanan gereja, sebagai usaha untuk kaderisasi dan regenarasi. 

 

“Jalan-jalan ke Jayapura

jangan lupa memakai sandal.

Mari kita berjalan sama-sama

melayani umat dengan maksimal”, lantunan pantun dari Pak Wahyu selaku moderator dalam menutup serangkaian kegiatan dalam rapat pleno 2023. Kegiatan berjalan dengan lancar hingga pk.15.30.

Selamat melayani dan menjalankan program pelayanan tahun 2023!

 

Catatan : program pelayanan dan pemaparan Pleno tahun 2023 dapat dilihat di https://linktr.ee/dpphkristusrajaungaran.

 

Penulis : JS
Editor : IW