Pemeriksaan Kesehatan untuk Para Suster

Pemeriksaan Kesehatan untuk Para Suster

“Mens Sana in Corpore Sano – dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”

Sebagai rangkaian dari HUT Paroki Kristus Raja Ungaran, Tim Pelayanan Kesehatan bekerja sama dengan panitia HUT Paroki Kristus Raja Ungaran mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan laborat untuk suster-suster Abdi Kristus di Panjer Enjing Gedanganak pada Minggu, 13 November 2022 pk.09.30. Dibuka dengan sambutan dari Pak Ignatius Susanto selaku Ketua Bidang Pelayanan Kemasyarakatan dan Dr. Heribertus Sukamto Yudi selaku Ketua Tim Pelayanan Kesehatan, kegiatan bakti sosial ini dimulai. 

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk perhatian gereja kepada umat lanjut usia dan yang terbatas mobilitasnya. Mengingat beberapa suster sudah lanjut usia dan seringkali kesulitan untuk cek kesehatan di rumah sakit, maka kali ini pemeriksaan kesehatan menyasar Suster-Suster Abdi Kristus. Pemeriksaan kesehatan dan laborat merupakan program rutin dari Tim Kesehatan yang biasa diadakan 2 kali dalam setahun di gereja Kristus Raja Ungaran dan telah berjalan selama kurang lebih 5 tahun belakangan ini.

Para suster mendaftarkan diri dan menunggu dipanggil satu per satu. Setelah melalui pemeriksaan suhu dan tensi, suster diarahkan ke ruang cek laborat untuk mengetahui kadar gula darah, asam urat, dan kolestrol. Setelah hasil laborat keluar, disediakan fasilitas konsultasi dengan dokter. Dan dari hasil konsultasi dokter, disiapkan obat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Beberapa suster dinyatakan sehat karena hasil laborat yang baik, namun ada juga yang mendapat hasil kurang baik sehingga perlu perawatan yang lebih mendalam. Dokter menghimbau untuk menjaga pola makan, olah raga, dan hidup sehat.

Kegiatan ini berjalan lancar dan telah melayani 39 orang, yang terdiri dari para suster dan karyawan susteran. Suster Lidwina, AK., yang menjadi salah satu peserta merespon kegiatan ini dan berkata, “Menyenangkan dan bermanfaat bagi para suster, karena baru kali ini diadakan fasilitas cek kesehatan dari Paroki.” Beliau menambahkan bahwa semoga kegiatan serupa dapat diadakan kembali dan terjalin hubungan yang erat dari para suster dengan Tim Kesehatan Paroki. 

Selain itu, Dr. Yudi berharap agar gereja dapat lebih berkiprah melayani masyarakat luar, dan kegiatan ini menjadi persiapan untuk kegiatan bakti sosial yang lebih besar. Beliau menyampaikan bahwa sekarang ini masih terkendala dengan keterbatasan SDM dan perijinan, maka ingin mengajak peran serta umat secara lebih agar nantinya gereja dapat lebih melayani masyarakat luas dan lintas agama. 

Kegiatan HUT Paroki masih akan berlanjut hingga minggu depan. Bidang Yanmas beserta dengan panitia, akan mengadakan bazar murah di halaman SMK pada saat Pesta Rakyat 20 November 2022.

Mari turut meramaikan dan terus menggemakan pelayanan berdasar semangat Kristus Raja Semesta Alam! 

Penulis: AJS

Editor : ADV