Peserta KEP Umum angkatan ke-13 dan OMK angkatan ke-10

Sudah menjadi agenda wajib bagi para peserta Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) Paroki Kristus Raja –Serang untuk mengikuti Retret Pengutusan seusai mengikuti pengajaran selama Empat bulan. Retret Pengutusan kali ini bertema “Kristus Adalah Pokok Anggur dan Sumber Air Hidup, Wartakan dengan Sukacita di Era Milenia ini” berlokasi di Lembah Karmel Cikanyere pada 17-19 Januari 2020. Jumlah peserta yang mengikuti retret adalah sebanyak 88 orang dari 93 orang total peserta yang mengikuti kursus. Bersamaan dengan Retret Pengutusan peserta KEP ini, juga diadakan Retret Pengutusan Peserta Trainers Course (TC) berjumlah 8 peserta. Selain panitia pelaksana, hadir pula pengurus Pakep untuk ikut mendampingi.

Semua acara dikemas dalam beberapa sesi pertemuan yang dibawahkan oleh pengajar-pengajar handal dan juga diselingi dengan pujian oleh para panitia yang sudah terbiasa membawahkan pujian karena sebagian besar sudah bergabung dalam persekutuan Doa Pembaharuan Karismatik Katolik dan persekutuan Doa St. Bregita – Cilegon. Kegiatan yang dilakukan selama Retret pengutusan adalah:

  1. Pengembangan hidup Rohani berupa Misa Kudus dan Adorasi kepada Sakramen Maha Kudus,
  2. Pencerahan Hidup Rohani / Pengajaran berupa pengajaran setiap sub-tema retret untuk peserta KEP yaitu (Yesus pemberita Injil, Krisis dan hasil pemberitaan Injil, Pembentukan pemberita Injil, Perjalanan tobat pemberita Injil, Perjalanan iman pemberita Injil, Yesus pemberita Injil dalam sengsara serta Peran Roh Kudus dalam Evangelisasi) dan untuk peserta TC : (Yesus Sahabatku, Yesus Penyembuh dan Pembimbingku, Yesus Pendampingku yang melayani dan menginjiliku, Yesus penyelamatku dan Pemanggul Salibku, Yesus Sukacitaku, Yesus Guru dan Tuhanku, Roh Kudus Kekuatan Dalam Pewartaan Injil), pendalaman materi (Refleksi), penerimaan Karunia Roh Kudus (Pencurahan),
  3. Sharing hidup Rohani berupa Refleksi / renungan pribadi, sharing berdua (Perjalanan Emaus), Penerimaan Sakramen Tobat dan Counseling Pribadi

Retret diawali dengan Misa pembuka yang dipersembahkan oleh RD. Stefanus Sumardiyo Adipranoto, selaku pastor Paroki Kristus Raja –Serang.

Misa Pengutusan yang dipersembahkan oleh bapak Uskup – Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM sebagai selebran utama, didampingi RD. Stefanus Sumardiyo Adpranoto sebagai konselebran

Sebagai puncak dari acara ini adalah diadakan Misa Pengutusan yang dipersembahkan oleh bapak Uskup – Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM sebagai selebran utama, didampingi RD. Stefanus Sumardiyo Adpranoto sebagai konselebran.

Dalam homilinya bapak Uskup mengatakan bahwa melalui Retret ini maka kita siap diutus, tetapi tentunya kita tetap dibimbing oleh Tuhan dan harus tahu mengenai apa yang akan dilakukan seperti yang disampaikan dalam bacaan hari ini yaitu:

  1. Ada sesuatu yang luar biasa dari Tuhan yang disampaikan kepada kita yakni berkaitan dengan identitas kita, dimana kita adalah hamba Allah. Allah mengangkat kita menjadi hambanya untuk menjadi terang yang mewartakan khabar baik bukan hanya wilayah kita seja tetapi kepada segala bangsa. Kita sengaja disiapkan oleh Allah untuk melaksanakan kehendak-Nya. Yang penting anda sebagai peserta KEP harus yakin bahwa anda ini adalah pilihan Allah. Artinya anda dipercayakan oleh Allah untuk mewartakan kehendak-Nya kepada semua orang.
  2. Bagaimana kita mewartakan kehendak Allah. Tugas kita sebagai orang yang menjadi hamba Tuhan adalah mewartakan khabar baik dan keselamatan kepada orang lain. Keselamatan ini dibawah olehYesus Kristus. Maka yang kita wartakan kepada orang lain, keluarga kita atau kepada lingkungan hidup kita adalah tentang Yesus Kristus itu.
  3. Kita semua dipanggil untuk memperoleh kekudusan / menjadi orang Kudus. Menjadi orang Kudus berarti menjadi dirinya Allah. Arinya hidupnya bersatu dengan Allah yaitu menjalankan apa yang diajarkan oleh Tuhan. Kita semua ini dipanggil agar menjadi orang Kudus yang hidup  di dunia ini. Hal ini bisa diwujudkan antara lain dalam doa-doa, perayaan Ekaristi, serta dalam pewartaan-pewartaan.

Sebelum mengakhiri homilinya bapak Uskup mengungkapkan rasa bangganya dalam mengutus peserta KEP dan TC ini, karena sebanarnya ini adalah tugas bapa Uskup tetapi tidak bisa melaksanakannya dan dipercayakan kepada romo Paroki, kepada peserta KEP dalam menceritrakan tentang kebaikan Tuhan Yesus sendiri. Bapak Uskup juga berharap agar setelah mengikuti KEP ini maka ada sesuatu yang kurang dalam diri kita dan mulai saat ini saya mau menjadi manusia yang baru yaitu menjadi hamba Tuhan, Serta menjasi manusia yang bertobat, manusia yang menjadi hamba Allah dan kita semua diterima oleh Tuhan untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa, maka jadilah terang di Paroki diman anda berada.

Setelah misa pengutusan acara dilanjutkan dengan foto bersama, dan persiapan untuk sayonara….

Pemberkatan peserta Trainers Course (TC) oleh bapak Uskup

Untuk kita ketahui bersama bahwa dalam Retret Pengutusan kali ini terdiri dari peserta KEP umum angkatan XIII dan OMK angkatan X, serta peserta Training Course (TC) angkatan ke-3 sebanyak 8 peserta  Selain itu diadakan Retret Menerima Karuniah Roh Kudus (MKRK) yang diikuti oleh para alumni KEP sebanyak 13 peserta dan ditambah dengan panitia KEP yang tidak sedang bertugas pada setiap sesi pengajaran.

By Komsos Kristus Raja Serang (Stanis Kwen)

Peserta Trainers Course (TC) angakatan ke-3 Paroki Kristus Raja – Serang