MINGGU PALMA (MENGENANG SENGSARA TUHAN YESUS) – 25 MARET 2018

Tema : “Kesengsaraan, Kematian dan Kebangkitan Yesus
Menjadi Inti Refleksi Kita dalam Pekan Suci ini

 

Kita kini berada di Minggu Palma, Minggu untuk Mengenangkan Sengsara Tuhan kita Yesus Kristus. Umat Kristen dan Katolik di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri untuk menyambut Tri Hari Suci. Ini adalah saat kita mengenang kisah sengsara Yesus, hingga kebangkitan Yesus. Pekan suci dimulai sejak Minggu Palma, 25 Maret 2018, sementara Tri Hari Suci atau Triduum dimulai hari ini : Kamis Putih, Jumat Agung, dan berakhir hari Paskah.

Pekan Suci : Seminggu menjelang Hari Raya Paskah dikenal sebagai Pekan Suci, dimulai pada hari Minggu Palma. Inilah seminggu “teduh“, saat umat merefleksikan peristiwa sebelum kematian Yesus. Sambutan penuh harapan dan sukacita-Nya di Yerusalem, pengkhianatan terhadap-Nya oleh Yudas, perjamuan terakhir dengan 12 rasul, penangkapan, penyaliban dan kematian-Nya, serta pemakaman Yesus.

Minggu Palma : Pada Minggu Palma, kita merayakan prosesi Yesus memasuki Yerusalem. Menurut Injil, orang-orang Yerusalem memegang cabang pohon dan dedaunan di jalan untuk menyambut Yesus saat Yesus menunggangi seekor keledai memasuki kota Yerusalem. Kini, umat Katolik menggunakan daun Palma saat menyambut kedatangan Yesus di gereja.

Kamis Putih : Pada Kamis Putih, kita memperingati Perjamuan Malam Terakhir Yesus bersama para murid-Nya sebelum kematian-Nya. Yesus memecahkan roti, anggur dan membagikan pada murid-Nya: “Inilah tubuhKu dan darah-Ku, yang diberikan kepadamu.” Umat Katolik meyakini upacara ini menjadi inti Ekaristi, salah satu Sakramen dari 7 Sakramen Gereja.

Jumat Agung : Umat Kristen mengenang Jumat Agung sebagai hari Yesus disalibkan dan mati. Ini adalah hari yang paling muram dalam kalender Kristen. Pada Jumat Agung, orang Kristen menjauhkan diri dari daging atau menahan diri dari makanan sama sekali. Penganut agama Katolik sering membuat Jalan Salib pada hari Jumat Agung.

Paskah : Paskah adalah hari paling penting yang dirayakan umat Kristen, bahkan melampaui Natal. Hari ini adalah hari kebangkitan Yesus dari antara orang mati. Paskah melambangkan pengampunan, kelahiran kembali, dan kekuasaan Allah yang menyelamatkan. Umat Kristen melihat hari ini sebagai kemenangan atas dosa, kematian, dan semua kekuatan yang merusak dalam kehidupan.

Marilah kita sekalian di depan salib Kristus mohon rahmat Tuhan, agar kita tetap setia dalam iman kita akan Tuhan Yesus Kristus, yang sudi merendahkan diri menjadi manusia seperti kita, sampai rela wafat bagaikan penjahat di salib untuk mengampuni dosa kita. “Selamat Memasuki Pekan Suci dan Tri Hari Suci

Berkah Dalem

RD. St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here