PESTA KELUARGA KUDUS : YESUS, MARIA,YUSUF

(31 DESEMBER 2017)

KASIH, IMAN DAN DAMAI MEMBAHAGIAKAN KELUARGA NAZARET

Beberapa hari lalu kita merayakan Hari Raya Natal. Yesus dilahirkan di Betlehem sebagai Putera suatu Keluarga dari Nazaret, yaitu Keluarga Maria, Yusuf dan Yesus. Yesus bertumbuh sebagai anak sampai dewasa didampingi kedua orangtua-Nya.

Suatu keluarga sederhana, di kampung Nazaret, namun sebagai suatu keluarga yang hidup dalam kasih, iman dan penuh damai. Keluarga Kudus Nazaret : Yesus, Maria dan Yusuf inilah yang kini kita rayakan pestanya dan menjadi model Keluarga Kristiani.

Gereja Katolik mengajarkan agar hidup Keluarga kita sebagai Keluarga Kristiani dihayati menurut teladan Keluarga Kudus di Nasaret. Makin berkembang pengetahuan orang di zaman now, makin pandai dan makin sadar akan kemampuannya, ajaran dan anjuran Gereja untuk menghayati hidup keluarga menurut teladan Keluarga Nazaret yang penuh kasih damai, dan suci makin sulit dipahami, apalagi untuk dihayati.

Kesulitan orang modern itu bisa dipahami, karena ajaran Kitab Suci yang disampaikan Gereja bukan supaya dipahami secara ilmiah atau logis, apalagi secara matematis, melainkan harus dipahami dengan pandangan iman. Keadaan masyarakat di zaman Yusuf, Maria dan Yesus 21 abad yang lalu sangat berlainan dengan keadaan dunia kita sekarang.

Keadaan negara kita Indonesia sejak tahun 1945 sampai sekarang sangat berbeda. Bahkan keadaan kehidupan di Jakarta pun, ibaratnya tiap tahun berubah luarbiasa di segala bidang. Kita lihat sekarang situasi di sekitar Pasar Tanah Abang? Memang banyak kemajuan, namun banyak pula kekacauan. Banyak hal yang menggembirakan, banyak juga yang membuat hidup miris dan tegang.

Menghadapi kenyataan ini yang dalam siaran Metro TV disebut “Realitas” kita bertanya : bagaimana kita harus dan dapat hidup berkeluarga menurut teladan keluarga di Nazaret itu? Bagaimana mungkin kita yang hidup dalam zaman modern, dengan segenap kemungkinan dan fasilitas yang tersedia harus hidup menurut cara hidup Keluarga Nazaret, yang begitu sederhana?

Model Keluarga Kudus Nazaret ialah Keluarga yang yang memiliki iman yang teguh dan kasih mampu menggerakkan hidupnya. Keluarga yang mampu mewariskan imannya kepada Anaknya. Keluarga yang merasa membutuhkan dan melaksanakan doa. Keluarga yang sedia hidup berbagi hidup dalam kelebihan dan kekurangan di antara anggotanya dan dalam hubungannya dengan masyarakat sekeliling. Kita teladani hidup mereka.

BERKAH DALEM

RD St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here