MINGGU PASKAH VI  –  21 MEI 2017

Tema: “Datanglah ya Roh Kudus dan Tinggal dalam Hati Kami”

Kita memasuki Minggu Paskah VI. Dua minggu lagi kita akan merayakan Hari Pentakosta, Hari Raya Kedatangan Roh Kudus. Kata asli Yunani yang dipakai untuk Roh Kudus ialah “Parakletos“, “orang yang diundang” yang dalam konteksnya dapat berarti sebagai pembela, pelindung, penengah, penolong, penghibur. Dalam Injil Yohanes lebih berarti sebagai “guru“, penunjuk, saksi untuk Yesus, pembicara terhadap dunia, yang mewakili kehadiran-Nya di dunia ini sejak Dia kembali kepada Bapa-Nya.

Yesus adalah Penolong kita yang pertama, seperti dikatakan oleh Yohanes: “Kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang adil” (1 Yoh 2:1). Bila Yesus dahulu adalah Penolong orang-orang sezaman  dalam hidup-Nya hanya di Palestina, maka selanjutnya Roh Kudus sekarang ini adalah Penolong baru, sebagai kehadiran Yesus sendiri sampai Ia nanti akan datang kembali.

Penolong baru itu,  yaitu Roh Kudus, bukan seseorang  yang asing,  melainkan justru merupakan  pembawa jaminan kesetiaan-Nya kepada Yesus. Ia berkata: “Penghibur (Penolong), yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26).

Roh-Nya sebagai Penolong akan memberikan kemampuan kepada kita untuk menghadapi keadaan apapun dengan kebijakan,  kelenturan hati, penyesuaian diri,  pembaharuan yang kita butuhkan, namun selalu dengan tetap setia akan ajaran dan hidup Yesus, yang adalah Penolong kita pertama. Yesus tidak akan pernah meninggalkan Gereja-Nya dalam situasi apapun. Ia terus mengirimkan Roh-Nya untuk membimbing Gereja-Nya senantiasa.

Kedatangan Roh Penolong merupakan awal penugasan atau perutusan Gereja Perdana untuk melangkah keluar dari Palestina, melewati batas-batas daerah, suku dan bangsa, untuk menjadi Gereja universal. Bagi setiap orang kristen Yesus Kristus harus selalu merupakan titik tolak dan tujuan segenap pengharapan kita.

Yesus adalah Si Penolong umat-Nya selama Ia masih hidup di dunia bersama murid-murid-Nya. Dan sekarang Roh Kudus adalah Si Penolong Baru. Bukan sebagai Penolong asing, melainkan sebagai pembawa jaminan/garansi kesetiaan Yesus Penyelamat kepada kita.  Amin.

BERKAH DALEM

RD St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here