MINGGU PASKAH KEBANGKITAN YESUS KRISTUS – 21 APRIL 2019

KITA MERAYAKAN PASKAH YESUS KRISTUS DENGAN SUKACITA SEBAGAI COMMUNIO YANG INJILI

Kita sebagai pribadi Kristiani mengimani bahwa dengan Kebangkitan Kristus, kita akan mengalami keselamatan. Kita bukan diselamatkan oleh kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Semuanya bisa lahir dan mati. Inti dan pokok iman kristiani adalah kebangkitan Tuhan Yesus. Kebangkitan Yesus itu tidak ada yang melihat. Yang ada hanya kubur kosong.

Memang, iman akan kebangkitan itu sulit dijelaskan pakai logika manusia. Namun, berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya. “Kebangkitan Tuhan kebenaran iman bukan sebuah kebetulan iman.” Kita hendaknya “merayakan Paskah Yesus Kristus dengan sukacita sebagai communio yang injili.” Ia meminta kita semua yakin dan percaya di dalam iman tentang kebangkitan Tuhan Yesus.

Walaupun memang kebangkitan Yesus itu dilalui dengan via dolorosa (jalan sengsara). Kepercayaan akan kebangkitan-Nya menjadi bagian pokok isi doa “Aku Percaya“. → “Aku percaya akan Allah : Aku peraya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, dan kehidupan kekal.”

Saudara-saudari, perlu kita tegaskan bahwa hal yang terpenting dari kebangkitan Yesus Kristus bukan terletak pada masa lampau, “Kristus telah bangkit“, melainkan pada saat ini : “Kristus Bangkit.” Malaikat yang muncul di kubur Yesus bertanya kepada para wanita yang mencari Yesus, “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?” (Lukas 24:5).

Pertanyaan yang sama dapat ditanyakan kepada sejarahwan dan peneliti zaman ini. Jika kita tidak menyimpan Kabar Gembira, tidak membiarkan “Dia” hanya dalam catatan “sejarah” atau “apologetik“, dan kita tidak “berdiam diri”. Tuhan Yesus Kristus, saat ini dapat membebaskan dan memberi semangat hidup kita sedasyat yang pernah Yesus lakukan pada 21 abad lalu, dan dengan kebebasan dan semangat yang diberikan kepada kita dapat mengagumkan dan menarik perhatian banyak orang yang belum mengenal-Nya, mengembalikan kepercayaan orang-orang yang pernah berbalik dan takut.

Itulah pentingnya arti dan makna Kebangkitan Yesus Kristus. Alleluya. Alleluya. “SELAMAT HARI RAYA PASKAH TUHAN YESUS KRISTUS.” Marilah kita merayakan dengan penuh sukacita sebagai communio yang injili.”

Berkah Dalem

RD. St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here