MINGGU PASKAH KE VII – 2 JUNI 2019

HARI MINGGU KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA KE 53

KOMUNIKASI DAN DIALOG MERUPAKAN MUTIARA KESATUAN

Kini kita berada di Hari Minggu Paskah VII, sesudah kita merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus, dan sedang menantikan Hari Raya Pentakosta yang segera tiba. Dalam Injil Yohanes, Yesus berdoa untuk masa depan umat-Nya, yaitu kehendak-Nya, agar segenap murid-Nya tetap bersatu, dan agar semua orang bersatu dalam kasih-Nya. Kristus hanya akan dikenal dan diakui banyak orang, bila para murid-Nya hidup saling bersatu dan saling mengasihi.

Pada hari Minggu ini juga ditetapkan sebagai Hari Minggu Komunikasi Sedunia. Setiap tahun, Gereja Katolik sedunia merayakan Hari Komunikasi Sosial. Hari ini adalah hari Komunikasi sedunia ke 53. Kita diingatkan Tuhan Yesus, agar mampu mengembalikan makna komunikasi yang sesungguhnya. Komunikasi bukan hanya masalah bicara. Lebih dari itu, komunikasi merupakan saat kita saling menguatkan, saling menyapa dan saling mengungkapkan nilai-nilai kasih kepada sesama.

Bacaan-bacaan hari Minggu ini, khususnya Injil menegaskan kehendak Tuhan untuk kita, yaitu supaya kita bersatu, hidup guyub rukun dan damai. Kita diajak untuk menghayati dan mengembangkan komunikasi yang mempersatukan dan menciptakan kerukunan serta kedamaian. Tidak jarang juga sarana komunikasi tersebut justru memicu terjadinya konflik, ketegangan dan perpecahan yang merusak kesatuan.

Penggunaan sarana komunikasi yang berlebihan dapat menjadikan orang terlalu asyik bahkan sibuk dengan alat-alat komunikasinya, tanpa peduli dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Juga bisa menyembunyikan relasi tidak sehat yang pada saatnya dapat merusak keutuhan keluarga atau komitmen hidup panggilan sebagai Imam, Suster dan Bruder. Karena itu, baik, apabila pada Minggu Komunikasi Sosial sedunia ini, kita membangun komitmen untuk menggunakan alat-alat komunikasi secara bijaksana.

Marilah kita tetap khusuk dalam mengikuti Misa Novena Roh Kudus, dan semoga karunia-karunia Roh Kudus itu tercurah dalam hidup kita, guna pembangunan dan pemeliharaan Gereja Kristus di masa yang akan datang.

Berkah Dalem

RD. St. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here