MINGGU PASKAH III – 5 MEI 2019

TEMA : “TUHAN YESUS SELALU HADIR MENOLONG KITA

Kita memasuki Minggu Paskah III. Yesus dapat hadir pada saat yang tidak diduga atau hati sedang kecewa. Mereka telah kembali kepada cara hidup lama, bekerja sebagai nelayan, dan tidak bisa menangkap ikan seekor pun. Pada saat yang mengecewakan seperti inilah Yesus menyatakan diri-Nya kepada mereka. Mereka mendengarkan dan melaksanakan “instruksi” Yesus yang berdiri di pantai.

Hasilnya adalah “panen ikan” berlimpah. Inilah mukjizat! Sesampainya di darat para murid dijamu ikan dan roti oleh Yesus. Sekali lagi Yesus menunjukkan kepada mereka bahwa Dia telah bangkit dan hidup. Kita dapat membayangkan
bagaimana para murid merasa dikuatkan oleh pertemuan mereka dengan Yesus yang telah bangkit. Yesus menghendaki kita memiliki iman kuat dan memberikan kepada kita segala kebutuhan kita.

Kita merasa sangat tertekan oleh beban-beban kehidupan, beratnya untuk bertahan hidup, mencari nafkah bagi keluarga dan tanggung-jawab kita di tengah masyarakat. Seperti Petrus dan para murid lain, kita merasa bingung mau ke mana hidup ini akan dibawa. Namun, pujilah Allah! Karena Yesus sering hadir kepada kita dengan cara-Nya yang tidak kita duga-duga. Dan Yesus membuat mukjizat yang kita butuhkan.

Ia senantiasa melakukan intervensi dan mengingatkan kita dengan penuh kekuatan kasih-Nya. Sebagai Tuhan yang telah bangkit, Ia penuh dengan kuasa dan hidup. Ia menginginkan kita mengalami kuasa dan hidup dalam kehidupan kita sehari-hari. Bagian kita adalah menanggapi Yesus dengan iman. Satu cara kita dapat bertumbuh dalam iman kita adalah dengan berpaling kepada Tuhan setiap hari dan memohon kepada-Nya.

Misalnya, kita dapat mendoakan secara teratur doa sederhana berikut, “Tuhan Yesus Kristus, kasihanilah aku orang yang berdosa ini!”, bahkan pada saat-saat kita sedang bekerja ata melayani sesama kita. Keadaan macam apapun yang kita hadapi, apakah di rumah, di tempat kerja, atau di gereja, Yesus ingin hadir kepada kita dan menolong kita. Terlebih bila kita berdoa bersama Bunda-Nya Perawan Maria selama Bulan Maria ini.

Baiklah kita mengharapkan Tuhan datang kepada kita dan orang-orang yang kita
kasihi dengan kuasa dan rahmat-Nya. Percayalah, kita akan melihat Tuhan melakukan intervensi dalam kehidupan kita, dengan cara-Nya di luar ekspektasi kita, dan menguatkan iman, harapan dan kasih kita.

Kita pun akan bertumbuh dalam keyakinan bahwa Sang Penebus kita yang penuh kasih sungguh menyelamatkan kita dari setiap persoalan, kesulitan dan beban hidup kita, bahkan dari kejahatan kematian kekal.

Berkah Dalem

RD. St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here