HARI RAYA PENTAKOSTA – 20 MEI 2018

TEMA : “ROH KUDUS ITU MENUNTUN KITA KEPADA KEBENARAN SEJATI

Setelah Gereja merayakan hari Kenaikan Tuhan ke Surga, maka satu peristiwa penting yang kita nantikan, yaitu hari Pentakosta. Kita mempersiapkan dan menantikannya dengan melakukan Misa Novena Roh Kudus. Istilah “Pentakosta” itu berasal dari asal kata bahasa Yunani, yaitu “pentekoste“, artinya “hari ke 50“.

Karena itu pelaksanaan hari raya Pentakosta yang dirayakan Gereja-gereja pada masa sekarang adalah dihitung 50 hari sejak hari raya Paskah. Hari Pentakosta mengandung tiga arti. Pertama (PL), hari Pentakosta sebagai hari raya panen gandum, yang mengingatkan bahwa Allah telah memberikan berkat berlimpah kepada umat-Nya. Sebagai bukti pemeliharaan Allah kepada umat-Nya, di hari itulah umat bersyukur kepada Allah.

Kedua (PL) : Pentakosta adalah hari yang dirayakan untuk memperingati peristiwa turunnya Taurat yang diwahyukan Allah kepada Musa di Gunung Sinai. Arti ketiga (PB): hari Pentakosta adalah hari dicurahkannya Roh Kudus kepada para Rasul, dan saat itu juga terlahirlah Gereja Yesus Kristus.

Umat Israel di Perjanjian Lama dan umat Kristiani di masa Perjanjian Baru ini, sama-sama mempersiapkan dan merayakan, baik Paskah maupun Pentakosta secara khusus. Kendati berbeda zaman, umat Israel Perjanjian Lama dan umat Kristiani Perjanjian Baru memiliki kesamaan “teologis” bahwa hari Pentakosta pada intinya adalah sebagai saat “pencurahan” berkat, kasih karunia Allah baik rohani maupun jasmani bagi umat-Nya.

Peristiwa ini juga sebagai tanda bahwa Allah terus-menerus hadir, menyertai dan berkarya di dalam hidup dan kehidupan umat yang dikasihi-Nya. Roh Kudus dan bersama kasih karunia Roh Kudus itulah yang akan membimbing kehidupan umat Allah dengan nilai-nilai kebenaran dan kasih yang berasal dari Allah sendiri.

Sebab di dalam Roh Kudus, Tuhan Yesus Kristus hadir untuk menyertai, memberi kekuatan dan hikmat kepada kita, Gereja-Nya, sehingga kita dimampukan untuk hidup kudus dan mampu bersaksi di tengah dunia ini. Sabda Yesus : “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran” (Yoh. 14: 16-17).

Marilah pada hari yang istimewa ini, kita membuka diri dan hati untuk menerima anugerah, karunia Roh Kudus, dan membiarkan diri kita dituntun oleh-Nya. Dengan demikian, kendati masa Paskah telah berakhir dan kita akan kembali memasuki masa biasa, hidup kita tidak pernah biasa-biasa saja.

Roh Kudus itu menuntun kita kepada kebenaran sejati, kita akan selalu bersemangat melayani dan antusias mencintai kebenaran serta semakin memperdalam iman, memperkokoh pengharapan, dan mewujud nyatakan kasih dalam kehidupan kita sehari-hari. “Selamat Hari Pentakosta, selamat hari ulang tahun Gereja Tuhan kita, Yesus Kristus.”

† Berkah Dalem †

RD. St. M. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here