HARI MINGGU BIASA KE XXXIII – 18 NOVEMBER 2018

TEMA : “PERKATAANKU TIDAK AKAN BERLALU

Bacaan Suci Hari Minggu Biasa ke 33 ini mengantar kita untuk mengakui bahwa pengalaman manusia masa kini kiranya cocok dengan perkataan Yesus tentang akhir zaman dalam Injil hari ini. Yesus berkata, “Pada akhir zaman sesudah siksaan-siksaan yang berat, matahari akan menjadi gelap dan bulan
tidak bercahaya, bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang” (Mrk 13:24-25).

Apa yang akan dilakukan Anak Manusia yang datang dengan segala kuasa dan
kemuliaanNya? Ia akan menyuruh para malaikat-Nya mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari ke-empat penjuru bumi dan dari ujung-ujung bumi sampai ke ujung langit. Tuhan tetap menjadi harapan dan perlindungan bagi setiap orang. Ia datang dalam segala kuasa dan kemuliaan untuk mengumpulkan para pilihan.

Daniel dalam bacaan pertama menggambarkan orang pilihan sebagai orang bijaksana yang akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang menuntun orang kepada kebenaran akan bercahaya seperti bintang-bintang selama-lamanya. Yesus tidak menakut-nakuti para murid-Nya lebih lanjut.

Ia membangun harapan baru bagi mereka untuk sadar diri dan selalu siap menanti kedatangan Tuhan. Ia berkata, “Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu bahwa musim panas sudah mendekat. Demikianlah kalau kamu melihat hal-hal itu terjadi ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat.” Setiap orang mendapat isyarat untuk bersiap sedia menyambut kedatangan Anak Manusia.

Yesus menegaskan, langit dan bumi sekarang ini dapat berlalu tetapi Perkataan-Nya tidak akan berlalu . Dia akan datang mengadili orang yang hidup dan mati. Dalam surat kepada umat Ibrani dikatakan, “Kristus hanya mempersembahkan satu kurban karena dosa dan sesudah itu Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah dan musuh-musuh-Nya ditaklukkan di bawah-Nya” Yesus adalah Sabda yang hidup menyempurnakan segalanya dan menguduskan orang-orang pilihan-Nya.

Pertanyaan kita adalah, kapan akhir zaman itu akan nyata? Tuhan Yesus dalam bacaan Injil hari ini mengatakan, “Tentang hari atau saat itu tidak ada seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak dan Anak pun tidak! Hanya Bapa yang tahu!” Bapalah yang punya kuasa besar untuk memanggil setiap orang kepada-Nya.

Kita bersyukur karena Ia selalu mengingatkan kita untuk menyiapkan diri menyongsong kedatangan Putera-Nya dalam kuasa dan kemuliaan-Nya. Dia adalah Sabda hidup yang kekal. Segala sesuatu akan berlalu tetapi Yesus Kristus tidak akan berlalu dalam kehidupan kita. Kita membutuhkan persiapan bathin kita untuk menyambut kedatangan-Nya.

Berkah Dalem

RD. St. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here