HARI MINGGU BIASA KE XIV – 7 JULI 2019

“JADIKANLAH DIRIMU PEWARTA SALAM DAMAI KEPADA SESAMA”

Kita memasuki Minggu Biasa ke XIV. Kabar Baik hari ini adalah Yesus mengutus tujuh puluh murid ke seluruh jurusan untuk mempersiapkan kedatangan-Nya ke daerah-daerah dan tempat-tempat, yang akan dikunjungi oleh Yesus. Mereka itu adalah para utusan. Yesus Kristus sendirilah yang akan datang sebagai Raja untuk mendirikan Kerajaan-Nya.

Kerajaan Allah bukanlah hasil usaha manusia, melainkan karya Allah. Manusia hanyalah bertugas sebagai penolong. Namun dihargai dan diminta oleh Allah sendiri melalui perantaraan Yesus. Semua orang harus ikut mengambil bagian dalam mendirikan Kerajaan-Nya itu. Kadang orang menjadi malas menyapa orang lain manakala sapaannya tidak pernah dijawab. Ia akan semakin malas manakala yang disapa itu malah bersikap sinis kepadanya.

Sering kejadian semacam itu membuat seseorang malas lagi untuk menyapanya. Ketika mengutus para murid-Nya Yesus meminta mereka untuk memberikan salam damai kepada orang yang ditemui. Salam ini menjadi kekhasan kehadiran mereka. Para murid tidak perlu kuatir salamnya tidak diterima. Toh apabila salam itu tidak diterima, “Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu” (Luk 10:6). Salam damai yang ditolak akan kembali kepada sang pemberi salam.

Inilah warta Injil, Kabar Baik, Kabar Keselamatan, Damai Sejahtera yang harus diemban setiap pribadi Kristiani, murid Kristus. Perutusan kita bukan halnya soal kewajiban menghadiri peribadatan semata. Utamanya perutusan kita membawa damai sejahtera Allah bagi siapapun yang kita temui. Jadilah pembawa damai sejahtera dalam kita sehari-hari. Mingingat warta Injil ini, kita pun tidak perlu lagi malas untuk menyapa atau memberi salam damai.

Bila sapaan atau salam kita tidak diterima, salam dan sapaan itu akan kembali kepada kita. Kita tidak akan kehilangan apapun manakala kita memberi salam. Mereka yang menolak akan kehilangan rahmat dari salam damai. Marilah kita terus memberi salam damai kepada sesama kita.

Berkah Dalem

RD. St. Sumardiyo Adipranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here